Sulap Roti Jadi Menu Baru! 7 Ide Olahan Roti Tawar Mudah

ide olahan roti dari jadilaper.com

Daftar Isi

Teman-teman pernah bosan dengan olahan roti tawar yang itu-itu saja? Kalau gak selai, meses, gula, keju, atau kembali lagi ke selai. Nah, kita punya solusinya buat kalian. Kita sudah siapin 7 ide olahan roti tawar yang menjadi menu baru. Penasaran? Yuk, langsung cek di bawah ini.

Olahan Roti Sosis Goreng

Yang pertama ada salah satu olahan roti favorit bunda-bunda di rumah yang sudah mentok ide mau kasih bekal apa ke anaknya. Cara masaknya mudah banget, kamu hanya perlu menggulung sosis dengan roti lalu memijit-mijit bagian roti yang masih terbuka. Untuk hasil yang lebih krispi, kamu bisa melumuri roti sosis ini ke telur dan tepung roti sebelum digoreng.

Olahan Piscok Roti

Kalau yang sebelumnya ide olahan roti yang asin, sekarang giliran yang manis. Piscok alias pisang cokelat ini biasanya dibungkus menggunakan kulit pangsit. Namun, kali ini piscoknya dibungkus dengan roti. Cara memasaknya sama persis dengan roti sosis goreng sebelumnya. Untuk cokelatnya, kamu bisa menggunakan cokelat batang, selai, meses, atau cokelat bubuk.

Es Lilin Roti Tawar

Nah, kalau ide olahan roti yang satu ini bisa menjadi ide summer snack alias camilan musim panas atau lebih tepatnya musim kemarau di Indonesia. Cara pembuatannya sama seperti membuat es lilin pada biasanya. Untuk bahannya, kamu butuh santan, gula, garam, kental manis, air, roti tawar, dan buah kesukaan kamu. Pilihan buah yang mungkin bisa kamu pakai, antara lain, nangka, mangga, alpukat, dan durian.

Baca Juga Artikel Ide Dessert Lainnya: 7 Ide Dessert yang Bisa Dibuat di Rumah

Bagelen dari Olahan Roti

Ide olahan roti selanjutnya adalah snack warga Indonesia yang sering banget jadi oleh-oleh ketika ke luar kota. Nah, buat kamu yang kangen dengan rasa ini, bisa bikin sendiri di rumah. Kamu hanya perlu mengoleskan mentega atau salted butter dan menaburkan gula di atas roti kamu dan memanggangnya di oven atau di toaster.

Puding Roti

Ide selanjutnya adalah salah satu makanan yang sempat viral di media sosial karena mudah untuk dibikin dengan rasa yang memuaskan. Untuk membuat puding roti ini, kamu membutuhkan roti tawar, bubuk perisa (cokelat, matcha, dan lainnya), bubuk agar, gula, dan susu.

Cara pembuatan ide olahan roti ini sama dengan membuat puding instan pada umumnya. Namun, yang bikin berbeda adalah kamu harus mem-blender roti tawar dan susu terlebih dahulu. Setelah itu, kamu baru bisa memanaskan adonan tersebut menggunakan panci dan memasukkan bubuk agar dan gula.

Caramel Bread Popcorn

Eh, jangan terkecoh sama namanya. Ini bukan popcorn yang terbuat dari roti. Tapi, roti yang dipanggang dengan konsep yang sama dengan membuat popcorn karamel.

Cara membuat ide olahan roti ini adalah kamu harus memotong roti tawar ini menjadi kotak-kotak kecil (pas untuk satu kali suapan) dan memanggangnya dengan wajan lalu sisihkan. Lalu, membuat karamel menggunakan gula dan air yang dipanaskan.

Untuk membuat caramel tersebut, kamu juga bisa menambahkan heavy cream agar rasanya lebih lembut. Sedikit tips, saat membuat karamel, gunakanlah api kecil dan jangan terlalu sering mengaduknya (kalau perlu hanya goyangkan pancinya). Lalu, campurkan roti panggang dengan saus karamel jika sudah tidak terlalu panas.

Baca Juga Ide Masak Mudah Lainnya: 9 Ide Masak dengan Pressure Cooker Listrik Anti Ribet!

Sulap Roti Menjadi Pizza

IDe olahan roti yang terakhir adalah salah satu menu classic yang bisa banget dibuat menggunakan roti tawar. Selain gampang, menu yang satu ini pas banget sebagai menu tanggal tua. Kamu hanya perlu menambahkan topping saus tomat, keju, sosis, atau topping sesuai selera kamu di atas roti tawar. Lalu, panggang roti tawar di atas wajan dan jangan lupa untuk menutup wajan tersebut.

Dari semua ide di atas, mana nih yang bahan-bahannya sudah siap untuk diolah? Selain rekomendasi di atas, kamu bisa mengkreasikan menu kamu sendiri sesuai selera. Kalau sudah buat menu baru, jangan lupa di-share ke kita, ya..

Share this post

Facebook
Twitter
WhatsApp