Tak kalah Lezat, Inilah 5 Kuliner Palembang Selain Pempek

Ilustrasi kuliner khas Palembang selain pempek. (Sumber: iStock)

Daftar Isi

Ketika mendengar kuliner Palembang, pasti yang ada di kepalamu adalah pempek. Padahal, ibu kota Provinsi Sumatera Selatan ini menyimpan beragam kuliner lezat yang bisa ditelusuri lebih jauh lagi.

Palembang merupakan kota yang strategis sehingga menjadikannya pusat peradaban pada zaman Kerajaan Sriwijaya ratusan tahun silam. Pada saat itulah kota ini mengundang banyak pengunjung dari mancanegara yang berbondong-bondong datang membuka lapak.

Pedagang yang berasal dari berbagai lokasi di dunia meninggalkan banyak resep hidangan yang hingga kini masih dilestarikan secara turun-temurun. Akulturasi budaya ini menghasilkan kuliner lezat yang menjadi identitas masyarakat Palembang. 

Kali ini JadiLaper akan membagikan deretan kuliner Palembang selain pempek yang juga menggoyang lidah. Simak informasinya berikut ini!

Baca juga: Bikin Ngiler, Yuk Pesan Online Pempek Palembang di Sini

Tekwan khas Palembang

Tekwan menjadi salah satu kuliner Palembang yang tak boleh dilewatkan. Hampir sama seperti pempek, hidangan ini juga terbuat dari adonan ikan tenggiri dan tepung tapioka. Teksturnya mirip seperti bakso ikan, hanya saja lebih lembut saat dikunyah.

Biasanya, tekwan dihidangkan bersama dengan kuah segar yang terbuat dari kaldu udang. Selain itu, semangkuk tekwan juga dilengkapi dengan soun, jamur kuping, potongan bengkuang, dan taburan daun selederi yang harum. 

Banyak yang tak tahu, kalau hidangan satu ini memiliki nilai tersendiri bagi masyarakat Palembang. Konon, nama tekwan berasal dari bahasa Palembang yaitu “berkotek samo kawan” yang artinya duduk berbincang dengan teman. Hangatnya hidangan ini memang cocok disantap saat sedang berkumpul bersama sambil bersenda gurau.

Mie celor khas Palembang

Ada satu hidangan mie khas Palembang yang wajib dicicipi, yaitu mie celor. Dengan ukuran mie yang besar, hidangan ini sekilas tampak seperti mie Aceh. Namun, ternyata mie yang digunakan adalah mie telur.

Mie celor ini memiliki tampilan dan rasa yang unik daripada hidangan mie khas nusantara lainnya.  Satu porsinya disajikan dengan kuah kental super gurih yang terbuat dari santan, kaldu udang dan ebi. Selain itu, ada pula tambahan tauge, kucai, dan udang yang membuat semangkuk mie celor semakin lengkap.

Kemplang

Saat mampir ke kedai pempek atau restoran Palembang, pasti kamu akan menjumpai kemplang. Tak seperti kerupuk biasa, rasanya lebih gurih dan membuatmu ketagihan karena terbuat dari ikan tenggiri atau ikan gabus. Kerupuk kemplang biasanya dijadikan teman makan pempek sambil direndam bersama kuah cuko yang asam-manis. 

Ada beberapa jenis kemplang yang sering ditemui di pasar tradisional Palembang, yaitu kemplang kerupuk, kemplang panggang, kemplang koin, kemplang mangkok, dan kemplang getas. Kamu bisa pilih berbagai jenis kemplang untuk dijadikan buah tangan!

Sambal tempoyak

Makanan khas Palembang selanjutnya adalah sambal tempoyak. Hidangan ini cukup populer dan banyak digandrungi penikmat kuliner. Tak seperti hidangan sambal nusantara lainnya, sambal tempoyak ini terbuat dari fermentasi durian.

Menggunakan bahan dasar yang tidak biasa, sambal ini pun mempunyai cita rasa yang unik. Rasa asam, manis, pedas bercampur dengan aroma khas durian menciptakan sensasi yang menakjubkan saat menyantapnya. Sambal ini sering dikombinasikan dengan berbagai bahan lainnya seperti udang, daging, hingga pete.

Kue delapan jam

Tak kalah unik, kue delapan jam merupakan makanan khas Palembang yang juga tak boleh dilewatkan.Sesuai namanya, proses pembuatan kudapan satu ini memang memakan waktu hingga 8 jam. Kue delapan jam terbuat dari telur ayam atau bebek dengan jumlah yang cukup banyak, susu kental dan gula. Adonan dikukus dalam waktu cukup lama, lalu dipanggang di oven.

Cita rasa kue delapan jam ini manis, legit, dan lembut serta memiliki tekstur yang kenyal. Kue ini merupakan hidangan legendaris yang dulu hanya dapat dinikmati oleh Kesultanan Palembang dan bangsawan. Kini, kue istimewa ini disajikan pada saat ada pesta dan perayaan besar.


Itulah 5 kuliner Palembang selain pempek yang ternyata juga tak kalah lezatnya. Di antara daftar makanan di atas, manakah yang pernah kamu cicipi? Yuk, bagikan komentarmu di bawah!

Baca juga: Resep Maksuba Khas Palembang, Lembutnya Bikin Nagih 

Share this post

Facebook
Twitter
WhatsApp