Sering Minum Kopi Setiap Hari? Awas Efek Negatifnya!

Ilustrasi sering minum kopi setiap hari. (Sumber: Pixabay)

Daftar Isi

Bagi sebagian orang, sering minum kopi adalah rutinitas gaya hidup. Beberapa dari mereka juga langsung menyeruput kopi di pagi hari untuk merasakan stimulasi kafein. Sebagai stimulan, kafein memang bisa merangsang kemampuan berpikir cepat, meningkatkan motivasi, dan mengangkat suasana hati.

Meski begitu, ternyata banyak pakar kesehatan yang menyarankan untuk tetap mengontrol porsi minumnya. Bila kamu memiliki gangguan pencernaan, maka wajib membatasi porsi minuman kopi per harinya. Sebab, intensitas dan porsi yang tidak terkontrol dapat menyebabkan dampak negatif bagi kesehatan.

Lantas, apa saja dampak negatif dari sering konsumsi kopi setiap hari? Mau tahu? Yuk, simak penjelasannya berikut ini!

Baca juga: Kopi Decaf, Sajian Kopi yang Rendah Kafein

Mengalami gangguan pencernaan

Ketika terlalu banyak mengonsumsi kopi, efek pertama yang bisa langsung terasa adalah rasa mulas atau nyeri pada perut. Hal ini terjadi karena adanya gangguan pada saluran pencernaan. Efek samping ini dapat membuat usus menjadi lebih aktif, sehingga pergerakan usus menjadi lebih cepat.

Lebih parahnya, efek kafein ini juga bisa memperburuk kondisi lambung penderita maag atau GERD. Jika dibiarkan, konsumsi kopi menjadi hal yang membahayakan untuk kesehatan pencernaan siapapun.

Sering minum kopi bikin susah tidur

Tak hanya gangguan pencernaan, kamu juga akan merasakan sulit tidur. Sebab, kandungan kafein dapat membangkitkan hormon adrenalin yang memblokir untuk membuat tubuh lelah dan mengantuk. Akibatnya, kamu akan sulit tidur saat malam hari hingga akhirnya kekurangan waktu untuk istirahat.

Menjadi gelisah karena sering minum kopi

Meski meningkatkan kewaspadaan dan fokus, ternyata efek samping kopi juga dapat membuat kamu menjadi gelisah serta cemas. Bahkan, efeknya juga bisa menimbulkan serangan panik dan kambuhnya gejala gangguan cemas yang berlebihan.

Sering buar air kecil

Umumnya, efek samping kopi yang sering terjadi adalah peningkatan frekuensi buang air kecil. Kopi mengandung kafein yang bersifat diuretik, sehingga bisa merangsang pembuangan urine. Hal ini membuat kamu akan lebih sering buang air kecil usai mengonsumsi kopi.

Denyut jantung berdetak cepat

Akibat terlalu banyak mengonsumsi kopi, jantung akan berdetak lebih cepat dan iramanya berubah. Apabila mengalami kondisi seperti ini, sebaiknya kamu pertimbangkan kembali untuk mengurangi asupan kopi.


Demikianlah efek negatif dari mengonsumsi kopi secara berlebihan dan setiap hari. Sebenarnya, minum kopi memiliki efek positif asalkan mengonsumsi dengan takaran yang pas. Bila dikonsumsi secara berlebihan, tentu akan berdampak buruk bagi kesehatan tubuh. Oleh sebab itu, minumlah kopi sewajarnya agar kesehatan tak terganggu.

Baca juga: Simak! 3 Bahaya Kulit Ayam Jika Dikonsumsi Berlebihan

Share this post

Facebook
Twitter
WhatsApp