Baguette, Roti “French Stick” yang Cocok untuk Sarapan

Ilustrasi roti baguette khas Perancis. (Sumber: Freepik)

Daftar Isi

Baguette merupakan salah satu roti khas Perancis yang banyak dijual di Indonesia. Apalagi, roti yang mirip seperti tongkat kayu ini telah mendunia. Keberadaan baguette sendiri bisa kamu temukan di supermarket maupun toko bakery

Biasanya, roti baguette disajikan sebagai pendamping makanan seperti cream soup maupun pasta. Baguette memiliki bentuk panjang dengan tekstur roti yang keras di bagian luar, sedangkan bagian dalamnya  terasa lembut.

Selain teksturnya yang keras, baguette juga merupakan tipe roti kerak berwarna cokelat keemasan. Roti yang disebut sebagai “french stick” ini  wajib memiliki kerak, sebab kerenyahannya membuat aroma baguette terasa lebih nikmat saat dikonsumsi.  

Gimana? Kamu penasaran dengan kelezatan dari roti khas Perancis ini? Nah, JadiLaper memiliki resep baguette yang bisa dicoba untuk para pemula. Yuk, baca resepnya sampai akhir ya!

Baca juga: Crab Rangoon, Camilan Viral yang Creamy dan Cheesy

Bahan-bahan yang dibutuhkan

  • 1 bungkus ragi kering (sekitar 2 ¼ sdt)
  • 300 ml air hangat dengan suhu 38-34 derajat celcius
  • 410 gram tepung terigu protein tinggi
  • 1 sdt garam
  • Cooking spray (bisa juga diganti dengan margarin atau mentega) 
  • 1 sdt tepung jagung

Cara membuat roti baguette

Ilustrasi roti bagguette
Ilustrasi roti bagguette
  1. Pertama, campurkan ragi dan air hangat di mangkuk. Lalu, biarkan selama lima menit. Setelah itu, masukkan 2 ¾ bagian tepung terigu ke dalam campuran ragi. Aduk semua bahan tersebut secara perlahan hingga terbentuk adonan. Tutup adonan yang telah teraduk, biarkan selama 15 menit. 
  2. Selanjutnya, siapkan meja bersih dan taburi tepung serta garam secara merata. Lalu, letakkan adonan tersebut di atas meja. Uleni sampai garam menempel merata dan tekstur adonan lembut serta elastis. Lakukan proses tersebut selama enam menit. Tambahkan sisa tepung terigu satu sendok makan sampai habis. 
  3. Langkah ketiga, siapkan mangkuk yang telah dilumuri cooking spray. Kemudian, pindah adonan ke dalam mangkuk dan tutup adonannya. Setelah itu, biarkan adonannya mengembang selama 40 menit atau sampai dua kali lipat ukuran semula pada suhu 29 derajat celcius.
  4. Keempat, kamu pukul adonan baguette secara perlahan. Tutup kembali dan biarkan adonannya mengembang lagi selama lima menit. Ketika sudah mengembang, bagi adonan tersebut menjadi dua bagian.
  5. Setelah itu, ambil satu bagian adonan dan bagian lainnya biarkan tetap di dalam wadah yang tertutup kain. Gulung adonannya menyerupai tali tebal sepanjang 30 cm dan runcingkan sedikit ujung adonan. Kemudian, lakukan proses ini pada satu bagian adonan yang tadi kamu simpan.
  6. Siapkan loyang, lalu taburi tepung jagung. Letakkan dua adonan roti baguette di atas loyang yang telah dilapisi cooking spray.  Kemudian, tutup adonan tersebut dan biarkan mengembang selama 20 menit atau sampai dua kali lipat ukurannya.
  7. Setelah itu ambil adonan, lalu sayat permukaannya sebanyak tiga kali. Selanjutnya, panggang adonan baguette selama 20 menit pada suhu 232 derajat celcius atau sampai bawahnya berwarna kecokelatan. Kemudian, angkat dan sajikan roti khas Perancis ini. Selamat menikmati!


Demikianlah resep roti baguette khas Perancis yang lezat. Jika roti baguette ini masih tersisa, kamu bisa menyimpannya di tempat kering untuk disantap keesokan harinya. Jadi, kamu bisa menghemat waktu sarapan sebelum berangkat bekerja atau beraktivitas.

Baca juga: Resep Tahu Nori Shimeji, Hidangan Jepang yang Lagi Viral!

Share this post

Facebook
Twitter
WhatsApp