Kota Tua Jakarta, Surga Kuliner Legendaris

Kota Tua Jakarta sebagai salah satu surga kuliner Betawi. (Sumber: Suara Jakarta)

Daftar Isi

Bagi kamu yang tinggal di area Jakarta pasti nggak asing sama Kota Tua, bukan? Salah satu tempat bersejarah yang berlokasi di Jakarta Utara ini memiliki keindahan arsitektur zaman kolonial. Adapun museum-museum yang tidak kalah menarik untuk sekadar hiburan atau bahkan edukasi.

Selain keindahan arsitektur zaman kolonial dan deretan museum, Kota Tua juga menjadi surga kuliner khas Jakarta lho. Gimana? Menarik banget, bukan? Oleh karena itu, JadiLaper telah menyiapkan beberapa rekomendasi kuliner yang patut dicoba di Kota Tua. Yuk, simak informasinya berikut ini!

Baca juga: Kawasan Kuliner Belakang GI, Surga Tersembunyi di Jakarta

Kuliner Kerak Telor di Kota Tua

Bicara soal kuliner Jakarta, kurang lengkap bila nggak bahas kerak telor. Makanan yang satu ini bisa dibilang menjadi salah satu ikon kuliner khas Jakarta. Sebab, kuliner ini sudah ada sejak zaman penjajahan Belanda. Meski begitu, kerak telor masih sangat populer dan tidak tergerus oleh zaman. 

Menurut berbagai sumber, awalnya kerak telor tercipta secara tidak sengaja. Berawal dari banyaknya pohon kelapa di Batavia, saat itu warga Betawi mencoba memanfaatkan buah kelapa untuk diolah menjadi makanan. 

Mungkin, saat ini kerak telor agak sulit ditemui. Akan tetapi, di Kota Tua Jakarta kuliner ini sangat mudah ditemukan. Kamu dapat menikmati kuliner yang satu ini dengan harga sekitar Rp20 ribu – Rp30 ribu.

Soto Tangkar Khas Betawi

resep-soto-tangkar

Hidangan soto tangkar

Selanjutnya, ada soto tangkar. Kuliner khas Betawi ini telah hadir sejak zaman penjajahan Belanda. Dalam bahasa Betawi, tangkar artinya tulang iga. 

Soto tangkar sendiri berisi iga sapi yang dipadukan dengan kuah berwarna orange yang gurih. Kuliner yang satu ini mudah ditemukan di warung kaki lima sekitaran Kota Tua. 

Biasanya, penjual soto tangkar juga menjual sate kuah daging sapi. Kuah yang digunakan sama seperti soto tangkar, namun menggunakan sate sapi sebagai pengganti iga.

Jika kamu bosan dengan sate sapi bumbu kecap yang seperti biasanya, kuliner ini juga patut dicoba. Kamu hanya perlu merogoh sebesar Rp15 ribu – Rp20 ribu untuk menikmati kuliner ini.

Kuliner Es Selendang Mayang di Kota Tua

Setelah puas mengunjungi museum dan berjalan-jalan di sekitar Kota Tua, tak lengkap rasanya bila tidak menyantap hidangan penutup mulut. Es selendang mayang merupakan kuliner khas Betawi yang terdiri dari kue lapis dan kuah yang manis dan segar. 

Hidangan yang satu ini dinamakan selendang mayang karena tiap lapisannya terdiri dari berbagai warna. Selain itu, cara penyajiannya yang dipotong panjang membuat hidangan ini seperti sebuah selendang.

Untuk menyantap segelas es selendang mayang, kamu hanya perlu mengeluarkan uang sebesar Rp5 ribu. Harganya sangat murah, bukan? Apalagi kamu akan mendapatkan kesegaran dari es selendang mayang ini.


Itulah beberapa rekomendasi kuliner yang dapat kamu coba di Kota Tua Jakarta. Pastinya, nikmat banget rasanya berkeliling di tempat bersejarah sambil menyantap kuliner khas Jakarta. Tunggu apalagi, yuk kita wisata kuliner ke Kota Tua!

Baca juga: Kuliner Pasar Lama Tangerang, Dijamin Kenyang dan Murah!

Share this post

Facebook
Twitter
WhatsApp