Resep French Toast, Cocok untuk Sarapan di Pagi Hari!

Ilustrasi resep french toast. (Sumber: Unsplash)

Daftar Isi

Di Indonesia, mungkin orang-orang telah terbiasa untuk sarapan dengan nasi ataupun mie. Namun, seiring dengan berkembangnya zaman, banyak orang mulai beralih untuk sarapan ala-ala barat. Seperti sarapan dengan waffle, panekuk, omelet, dan yang cukup populer adalah French Toast.

Terdengar seperti hidangan yang berasal dari Prancis, tapi nyatanya French Toast ini justru ‘lahir’ di Inggris pada abad ke-17 lalu. Masih diperdebatkan hingga hari ini, asal muasal French Toast ini sendiri, karena kata ‘lahir’ yang baru saja disebutkan artinya dimana hidangan ini memperoleh nama French Toast.

French Toast biasanya disajikan bersama siraman madu, sirup maple, krim, taburan kayu manis, atau potongan buah segar. Sementara untuk gaya Amerika, kamu bisa juga menambahkan scrambled egg dan potongan daging ham. Akan tetapi, pada kesempatan kali ini JadiLaper akan membagikan resep French Toast yang praktis dan manis. Gimana? Penasaran dengan resep tersebut? Yuk, simak penjelasannya di bawah ini!

Baca juga: 7 Olahan Roti Tawar yang Enak dan Praktis untuk Sarapan

Bahan-bahan French Toast

Bahan-bahan dasar

  • Roti tawar tebal sebanyak 5 lembar
  • Mentega secukupnya

Bahan untuk pencelup

  • Telur sebanyak 2 butir
  • Gula pasir sebanyak 1 sdm
  • Kayu manis bubuk sebanyak ¼ sdt
  • Vanilla essence sebanyak ¼ sdt
  • Susu cair sebanyak 75 ml
  • Garam secukupnya

Bahan pelengkap

  • Madu atau sirup maple sesuai selera
  • Gula bubuk sesuai selera

Langkah-langkah membuat French Toast

  1. Pertama, kamu siapkan mangkuk atau wadah besar untuk tempat mencelup. Lalu, tuangkan telur, kayu manis bubuk, vanilla essence, garam, dan gula pasir ke dalam wadah tersebut. Kemudian, kamu kocok semua bahan tersebut hingga merata. Setelah itu, tuangkan susu cair ke dalam bahan yang di wadah tersebut dan aduk hingga rata.   
  2. Kedua, kamu panaskan pan atau wajan datar anti lengket. Kemudian, berikan mentega secukupnya pada wajan tersebut.
  3. Ambil roti dan celupkan kedua sisi roti ke dalam pencelup pastikan merata dan tidak terlalu lama tercelup.
  4. Masukkan roti ke dalam pan, masak hingga kecoklatan (toast) di kedua sisinya. Apabila sudah, angkat dan sisihkan.
  5. French Toast siap untuk disajikan. Untuk menambah rasa, tuangkan madu atau sirup maple, atau bisa juga taburkan gula bubuk diatas roti.


Itulah resep french toast yang cocok dinikmati untuk sarapan di pagi hari. Untuk menikmati french toast sepenuhnya, kamu bisa menyeduh teh atau kopi sebagai teman makan. Gimana caranya gampang banget, bukan? Yuk, langsung aja buat sekarang juga!

Baca juga: Resep Banana Pudding, Hidangan Penutup Khas Amerika

Share this post

Facebook
Twitter
WhatsApp