Resep Maksuba Khas Palembang, Lembutnya Bikin Nagih 

Ilustrasi kue maksuba khas Palembang. (Sumber: Tribunews)

Daftar Isi

Indonesia tidak hanya kaya akan keragaman sukunya, tetapi juga dengan kulinernya. Salah satu yang wajib kamu ketahui adalah kue maksuba khas Palembang, Sumatera Selatan.

Camilan yang satu ini bisa dibilang primadona dari Tanah Palembang. Selain itu, kue khas Palembang ini begitu spesial. Bukan hanya disantap saat perayaan istimewa saja, seperti Idul Fitri, kue maksuba juga dianggap sebagai simbol kehormatan kepada tamu yang bertandang, lho.

Banyak juga yang menyamakan kudapan dari Palembang ini dengan kue lapis. Tidak heran karena tampilan maksuba khas Palembang ini juga berlapis-lapis. Tapi, kalau rasanya, gimana? So pasti lezat, dong, Sobat Laper. Apalagi, tekstur dari kue asal Palembang ini begitu lembut saat digigit. Pastinya, resep maksuba ini bikin kamu pengen lagi dan lagi.

Nah, semisal kamu mau langsung merasakan kelembutan dari kue ini. Yuk, simak resep membuat maksuba khas Palembang di bawah ini!

Baca juga: Selain Pempek, 5 Makanan Khas Palembang Ini Wajib Dicicipi

Bahan-bahan yang diperlukan

Ilustrasi telur untuk membuat maksuba khas Palembang

  • 25 butir telur bebek
  • 400 gram butter
  • 400–500 gram gula pasir
  • 1 kaleng susu kental manis
  • 1 sendok teh vanili
  • Margarin secukupnya

Cara membuat maksuba khas Palembang

resep membuat kue maksuba

Ilustrasi menyantap maksuba khas Palembang

  1. Pertama, kocok telur dan gula pasir dengan mixer sampai menggelembung. Kalau sudah, tambahkan susu kental manis, lalu aduk rata.
  2. Kemudian, jangan lupa masukkan vanili dan mentega leleh. Aduk kembali dengan mixer hingga merata.
  3. Panaskan oven hingga 180 derajat Celcius selama 15 menit dengan api atas dan bawah. Tujuannya adalah supaya kue maksubanya matang merata.
  4. Sembari menunggu, siapkan loyang kotak untuk menuangkan adonan kue maksuba khas Palembang tesrebut. Berikan alas berupa baking paper alias kertas roti. Lalu, oleskan juga margarin leleh ke atasnya.
  5. Selanjutnya, tuang adonan ke loyang secara bertahap. Pastikan adonan yang dimasukkan tidak kebanyakan atau kedikitan supaya lapisan kuenya menjadi bagus.
  6. Panggang adonan dalam oven hingga permukaannya kecokelatan. Kalau sudah, tuang kembali adonan ke atas lapisan tadi. Ulangi langkah ini hingga adonannya habis.
  7. Jika sudah selesai, dinginkan terlebih dahulu maksuba khas Palembang tersebut. Kemudian, potong-potong kue khas Palembang ini sesuai selera dan hidangan tersebut pun siap disantap.

Baca juga: Bikin Ngiler, Yuk Pesan Online Pempek Palembang di Sini


Itulah tadi resep membuat kue maksuba khas Palembang. Gimana resep maksuba ini mudah untuk dibuat di rumah, bukan? Yuk, langsung saja siap bahan-bahan dari resep maksuba!

Selamat menikmati kelembutan dari kue khas Palembang yang bikin nagih abis, ya, Sobat Laper!

Share this post

Facebook
Twitter
WhatsApp