Tambahkan 6 Bahan Ini Sebagai Penambah Imunitas Tubuh!

bahan imunitas tubuuh oleh jadilaper.com

Daftar Isi

Berbagai cara pencegahan dilakukan dari luar seperti menjaga jarak, rutin mencuci tangan, memakai masker untuk menurunkan resiko penyebaran virus covid 19. Daya imunitas tubuh juga perlu diperhatikan agar dapat mencegah virus masuk ke tubuh. Konsumsi makanan dan minuman penambah imunitas jadi salah satu tindakan pencegahan dari dalam.

Saat ini, jumlah kasus positif terus melonjak tajam setiap harinya. Dilansir dari tribunnews.com, data terakhir hari Rabu,17 Februari 2021 total kasus di Indonesia berjumlah 1.243.464 juta. Oleh sebab itu, para ahli menghimbau untuk selalu waspada dan menjaga daya tahan tubuh.

Bila daya tahan tubuh baik, tubuh akan dapat melawan gejala virus corona. Asupan vitamin dan suplemen memang diperlukan tetapi harus memperhatikan juga konsumsi makanan dan minuman sehat. Simak informasi makanan dan minuman penambah imunitas yang telah dirangkum dari berbagai sumber.

Jahe Sebagai Penambah Imunitas Tubuh

Sejak dulu, jahe sudah terkenal khasiatnya sejak dahulu untuk kesehatan tubuh. Bahan ini biasa diolah menjadi minuman hangat yang dapat meningkatkan imunitas tubuh. Selain itu, jahe mengandung minyak atsiri dan tonikum yang tinggi dikenal dapat meningkatkan kekebalan tubuh.

Manfaat lainnya adalah mengurangi sakit tenggorokan dan peradangan, menurunkan kadar kolesterol, meringankan penyakit kronis. Kandungan antivirus nya juga dapat melawan virus yang berusaha masuk ke dalam tubuh.

Rempah ini memiliki sensasi pedas dan hangat yang dapat menghangatkan tubuh. Efek hangat itulah yang juga membuat rileks perut dan tubuhmu.

Baca Juga Artikel Makanan Sehat Lainnya: Konsumsi 3 Makanan ini Untuk Mengatasi Flu!

Kunyit yang Mengandung Kurkumin

Rempah berwarna kuning ini juga dipercaya dapat menangkal virus corona. Kunyit berfungsi menjaga daya tahan tubuh saat pandemi ini. Kunyit mengandung senyawa bernama kurkumin sebagai anti – inflamasi atau mengurangi peradangan.

Senyawa ini sebagai pengurang peradangan dalam pengobatan penyakit esteoarthritis dan rheumatoid arthritis. Kandungan antivirus, antibiotik, antikanker, dan antioksidan didalamnya sehingga penyakit Alzheimer dapat ditangani.

Adanya senyawa anti jamur dan anti bakterinya juga baik menjadi prebiotik pendorong pertumbuhan bakteri baik di usus. Jika terdapat luka, kunyit akan mempercepat penyembuhan lukanya

Anti Oksidan Teh Hijau sebagai Penambah Imunitas

Sudah tidak diragukan lagi manfaat teh hijau untuk kesehatan tubuh. Teh hijau dan teh hitam mengandung senyawa flavonoid yang merupakan jenis antioksidan. Antioksidan bekerja sebagai pembantu perbaikan sel yang rusak dan penangkis penyakit kronis.

Senyawa antioksidan nabati teh hijau bernama polifenol. Didalamnya terkandung senyawa katekin sebagai penunjang sistem kekebalan tubuh.

Minuman teh hijau bagus untuk memelihara imunitas terutama di tengah pandemi seperti ini. Tak sampai disitu, minum teh hijau dapat menyehatkan jantung. 

Baca Juga Artikel Makanan Sehat Lainnya: Cegah Kanker dengan 4 Makanan Sehat Ini!

Madu yang Kaya Manfaat

Kita semua sudah mengetahui bahwa madu merupakan salah satu makanan yang dapat mencegah virus covid 19. Bahan ini memiliki sejuta manfaat yang telah dimanfaatkan sejak dulu. Cairan manis yang berasal dari nektar bunga ini populer karena kemampuannya dalam mengurangi inflamasi dan memerangi bakteri sebagai antibiotik.

Tak sampai disitu, kandungan vitamin dan mineral didalamnya dapat menyumbang energi lebih untuk tubuh. Berbagai macam penyakit dapat diobati dengan madu. Kandungan antioksidan yang tinggi dan anti bakterial didalamnya dapat meningkatkan kekebalan tubuh

Sebab, senyawa tersebut dapat melawan infeksi berupa jamur, virus dan lain lain. Madu dapat diminum langsung atau sebagai bahan campuran minuman.

Kiwi yang Kaya Vitamin C

Kini kita beranjak ke makanan yang diyakini dapat meningkatkan daya tahan tubuh. Kiwi adalah buah yang digadang gadang dapat membantu pemeliharaan imunitas. Sebab, buah berwarna hijau dengan rasa asam ini mengandung vitamin C.

Vitamin C dapat memerangi infeksi yang masuk ke tubuh. Selain itu, mengkonsumsi kiwi dapat menurunkan kolesterol dan mengurangi tingkat stress.

Kiwi mengandung nutrisi baik lainnya seperi vitamin K, folat, dan potasium. Kiwi dapat dikonsumsi langsung atau dibuat smoothies.

Baca Juga Artikel Makanan Sehat Lainnya: Hipertensi? Hindari Penyakitnya dengan Buah Ini!

Halau Radikal Bebas dengan Lemon

Salah satu jenis jeruk berwarna kuning cerah dengan rasa asam ini juga sudah diketahui khasiatnya sebagai penambah imunitas saat pandemi covid. Vitamin C menjadi kandungan utama didalamnya. Fungsinya untuk pencegahan atau pengobatan berbagai penyakit .

Senyawa antioksidan juga dapat ditemukan dalam buah lemon. Antioksidan berkemampuan untuk menangkal radikal bebas yang bisa memicu timbulnya kanker. 

Meskipun rasanya sangat asam, lemon ternyata bagus untuk kesehatan sistem pernafasan dan usus. Lemon bisa dicampurkan didalam teh agar lebih segar.

Setelah melihat daftar 6 makanan dan minuman penambah imunitas tadi,makanan atau minuman mana yang sudah kamu buat untuk pencegahan virus corona? Bahan bahan tersebut relatif mudah kamu jumpai di rumah, jadi tidak sulit untuk mengkonsumsinya. Dengan mengonsumsi makanan dan minuman tersebut secara rutin, imunitas tubuhmu tetap terjaga.

Share this post

Facebook
Twitter
WhatsApp