Wajib Coba! Ini 4 Soto Betawi di Jakarta yang Bikin Ngiler

rekomendasi soto betawi di jakarta oleh jadilaper.com

Daftar Isi

Soto Betawi adalah makanan khas Jakarta yang nikmat dan menggugah selera. Soto betawi adalah hidangan berkuah santan yang berisikan campuran daging sapi, jeroan, kentang, dan tomat ini sangatlah populer di kalangan masyarakat Indonesia khususnya warga ibu kota.

Bahkan, rasa-rasanya anggapan jangan mengaku anak Jakarta bila tak pernah mencoba Soto Betawi ada benarnya. Rasa yang gurih saat disantap membuat makanan khas Jakarta ini sangat sulit ditolak bila tersedia di depan mata. Malah, tak sedikit orang yang menjadikan hidangan ini sebagai makanan favoritnya.

Penjual Soto Betawi di Jakarta saat ini sangatlah banyak. Saking banyaknya, tak jarang tiap kita coba membelinya di sembarang tempat, hidangan soto yang didapatkan justru mengecewakan.

Nah, agar kamu tak ragu-ragu dan salah beli lagi, kami akan berikan beberapa rekomendasi Soto Betawi di Jakarta yang pastinya bikin ngiler. Penasaran, kan? Yuk, simak berikut ini!

Soto Betawi Jakarta Sambung Nikmat

Lokasi: Jl. Ciputat Raya No.2, RT.4/RW.6, Pd. Pinang, Kec. Kby. Lama, Kota Jakarta Selatan

Berdiri sejak tahun 1980-an, Soto Betawi Jakarta Sambung Nikmat milik Haji Ridwan bisa dibilang salah satu kedai legendaris di Jakarta. Sejak tahun itu pula, soto Betawi yang disajikan oleh kedai ini terkenal sangat nikmat hingga saat ini.

Yang menarik dari kedai ini adalah penyajiannya yang memakai piring. Hal ini tentu sangat berbeda dibandingkan dengan kedai soto lainnya. Selain itu, kuah santan sotonya tidak begitu kental karena tanpa campuran susu dan agak pedas. Keunikannya yang benar-benar beda dari yang lain membuat soto ini dibanderol dengan harga cukup mahal, yakni sekitar Rp70.000.

Baca Juga Artikel Rekomendasi Tempat Makan di Jakarta Lainnya: Restoran Ayam Korea Halal di Jakarta

Soto Betawi Jakarta H. Ma’ruf

Lokasi: Komplek Taman Ismail Marzuki Jl. Cikini Raya No.73, RT.8/RW.2, Cikini, Menteng, Jakarta Pusat (revitalisasi TIM)

Berikutnya adalah rumah makan yang sudah sangat terkenal dan termasuk legendaris di Jakarta. Kedai ini sudah hadir sejak tahun 1940-an, ketika awalnya masih berjualan keliling. Bahkan tempat ini pernah dikunjungi oleh banyak artis dan tokoh penting, salah satunya adalah Presiden Indonesia saat ini, Joko Widodo.

Soto Betawi yang disuguhkan kedai ini dengan berisikan potongan daging dan jeroan yang empuk, lalu dipadukan dengan emping, melinjo, serta sambal pedas. Tidak ada tomat dan kentang seperti tempat lainnya. Harga satu porsinya berkisar Rp42.000 hingga Rp45.000.

Oh iya, berhubung saat ini sedang ada revitalisasi Taman Ismail Marzuki, Soto Betawi Jakarta H. Ma’ruf bisa dinikmati di cabang lainnya yang berada di daerah Tebet, Menteng, dan Pramuka.

Warung H. Husein

Lokasi: Jl. Padang Panjang No. 6B – 6C, RT.8/RW.8, Ps. Manggis, Kota Jakarta Selatan

Buat kamu yang rumahnya berada di Manggarai dan sekitarnya, pasti sudah tidak asing lagi dengan Soto Betawi Jakarta H. Husein. Kedai soto ini memang cukup terkenal di Jakarta dan banyak dikunjungi oleh pembeli. Bahkan saking ramainya, antrean tak jarang terjadi.

Keunikan dari tempat ini adalah kuah santannya yang kental dan berwarna kekuningan yang berasal dari susu sapi encer dan rempah-rempah. Adapun isiannya hanya daging dan jeroan sapi, daun bawang, daun goreng, dan emping. Tidak ada kentang dan tomat. Pembeli dapat menyantap hidangan ini hanya dengan merogoh kocek sebesar Rp38.000 saja.

Baca Juga Artikel Rekomendasi Tempat Makan di Jakarta: Tempat Makan Murah di Jakarta Selatan

Soto Betawi Nyonya Afung

Lokasi: Pinangsia, Jl. Pancoran Gg. Gloria No.12, RT.7/RW.6, Glodok, Kec. Taman Sari, Kota Jakarta Barat

Hadir sejak tahun 1982, warung Nyonya Afung termasuk tempat makan yang sudah besar hingga memiliki 6 cabang yang tersebar di beberapa titik seperti Mall of Indonesia (MOI), Greenville, Gading Serpong, Muara Karang, dan pusatnya di Glodok.

Aromanya yang sedap dan cita rasa kuahnya yang gurih membuat Soto Betawi Nyonya Afung banyak digemari orang. Tak hanya itu, porsinya juga sangat melimpah. Selain potongan daging sapi, kamu juga akan mendapatkan paru, babat, tomat, dan kentang serta dipadukan dengan emping melinjo, bawang goreng, seledri, serta sambal yang semakin menambah kenikmatan soto. Harga satu porsinya berkisar Rp35.000 hingga Rp55.000.

Wah, ternyata soto Betawi di Jakarta yang sudah disebutkan bikin ngiler semua, ya? Daripada terus penasaran, mending langsung datangi dan buktikan rasakan sendiri kenikmatannya.

Share this post

Facebook
Twitter
WhatsApp