Catat, Ini Dia 6 Tips Mudah Membuat Jus yang Segar dan Menyehatkan

cara mudah membuat jus

Daftar Isi

Bagi kamu yang sedang menjalani program penurunan berat badan, tips mudah membuat jus perlu untuk diperhatikan. Ya, jus buah dan sayuran memang merupakan minuman yang tak hanya menyegarkan tetapi juga kaya akan nutrisi.

Membuat jus di rumah menjadi pilihan yang sangat populer, terutama jika ingin menjalani gaya hidup sehat. Lalu, bagaimana cara agar bisa membuat jus yang terasa segar dan lezat? Jika penasaran dengan cara pembuatannya, yuk simak ulasan lengkap JadiLaper berikut!

Baca juga: Ini 6 Cara Tepat Menyimpan Madu, Bantu Jaga Kualitas dan Keawetan!

Tips Mudah Membuat Jus yang Perlu Diketahui

Ilustrasi Cara Mudah Membuat Jus. (Sumber: Unsplash)

Membuat jus dengan cita rasa enak dan tetap terjaga nutrisinya bukanlah hal yang sulit untuk dilakukan. Apabila ingin mengonsumsi jus yang segar dan menyehatkan, berikut beberapa cara mudahnya.

Pilih Bahan yang Berkualitas

Langkah pertama yang bisa dilakukan untuk membuat jus, yaitu memilih bahan-bahan berkualitas. Buah dan sayuran segar umumnya akan memberi rasa terbaik dan kandungan nutrisinya lebih tinggi dibandingkan dengan yang sudah layu atau terlalu matang.

Karena itu, pastikan untuk membeli buah dan sayuran yang dalam kondisi terbaik. Misalnya, jika ingin membuat jus jeruk, maka pilihlah jeruk yang masih memiliki warna cerah dan kulitnya halus.

Tips Mudah Membuat Jus, Cuci Bersih Buah dan Sayuran

Sebelum mulai membuat jus, pastikan agar mencuci buah dan sayuran hingga bersih. Hal ini sangat penting karena bisa membantu menghilangkan sisa-sisa pestisida atau kotoran yang menempel.

Cucilah buah dan sayuran di bawah air mengalir dan gosok secara lembut menggunakan tangan atau sikat khusus untuk membersihkan bagian yang sulit dijangkau. Apabila memungkinkan, rendam buah dan sayuran dalam air garam atau cuka selama beberapa menit.

Pilih Alat yang Tepat

Pemilihan alat ternyata dapat mempengaruhi hasil akhir jus yang dibuat, misalnya menggunakan blender atau juicer. Blender sendiri cocok untuk membuat jus yang lebih kental karena tidak memisahkan ampas dari jus, sehingga semua serat dari buah dan sayuran tetap ada.

Di sisi lain juicer juga cocok dipakai sebab mampu memisahkan sari buah atau sayuran dari ampasnya, menghasilkan jus yang lebih encer dan halus. Untuk itu, pastikan agar memilih alat yang sesuai dengan selera dan kebutuhan, ya.

Kombinasikan Bahan Lain Secara Bijak

Kunci utama untuk membuat jus yang lezat, yakni dengan mengombinasikan bahan-bahan secara bijak. Beberapa buah dan sayuran dengan rasa yang sangat kuat, seperti jahe sebaiknya dikombinasikan dengan bahan yang lebih ringan atau manis, misalnya apel atau wortel.

Tips Mudah Membuat Jus, Perhatikan Keseimbangan Rasanya

Rasa menjadi faktor penting yang menentukan apakah jus akan akan disukai atau tidak. Sebelum mencampurkan seluruh bahan sekaligus, cobalah untuk mencicipi masing-masing bahan yang akan dipakai.

Cara ini dilakukan agar tidak ada yang memiliki rasa terlalu kuat atau pahit. Apabila jus terasa terlalu asam, kamu tambahkan sedikit madu atau buah manis seperti apel atau nanas sedangkan terlalu manis, bisa campur dengan jeruk nipis atau lemon.

Segera Sajikan

Jus buatan sendiri paling baik dinikmati segera setelah selesai dibuat. Hal ini karena nutrisi di dalam jus, terutama vitamin C, bisa berkurang seiring waktu ketika terpapar oleh udara dan cahaya. 

Jika ingin meminumnya di lain waktu, kamu dapat menyimpan jus dalam wadah kedap udara di dalam kulkas dan usahakan agar dikonsumsi dalam waktu 24 jam. Akan tetapi, sebisa mungkin langsung minum jus setelah membuatnya.


Itu dia beberapa tips mudah membuat jus buah atau sayur yang bisa kamu ikuti dengan mudah. Eksplorasi dan kreativitas merupakan langkah paling tepat untuk menikmati jus buatan sendiri yang enak dan bermanfaat bagi kesehatan.

Baca juga: Lakukan Cara Menyimpan Alpukat Ini Agar Cepat Matang!

Share this post

Facebook
Twitter
WhatsApp