5 Cara Memilih Buah Berkualitas Agar Nutrisinya Tetap Terjaga

cara memilih buah berkualitas

Daftar Isi

Cara memilih buah berkualitas harus diperhatikan agar nutrisi yang masuk ke tubuh bisa terserap secara maksimal. Ya, mengonsumsi buah dengan kualitas terbaik bisa membantu kamu mendapatkan manfaat kesehatan yang optimal.

Akan tetapi, tidak semua buah yang tampak segar di pasar atau supermarket benar-benar berkualitas baik. Lantas, bagaimana tips untuk memilih buah yang benar-benar berkualitas? Bagi yang penasaran dengan caranya, yuk simak ulasan lengkap JadiLaper berikut!

Baca juga: 10 Tips Memasak untuk Dijual, Pastikan Agar Sesuai Standar!

Beberapa Cara Memilih Buah Berkualitas dengan Tepat

Ilustrasi Cara Memilih Buah Berkualitas. (Sumber: Unsplash)

Buah memang dikenal sebagai makanan yang mengandung berbagai jenis nutrisi sehingga bisa membantu menjaga kesehatan jika dikonsumsi secara rutin. Adapun beberapa hal yang perlu diterapkan saat memilih buah, antara lain sebagai berikut:

Kenali Jenis Buahnya

Langkah pertama yang harus dilakukan saat memilih buah berkualitas, yaitu mengenali jenis buahnya. Perlu dipahami, setiap buah memiliki karakteristik tersendiri dan cara pemilihan pun akan berbeda.

Misalnya, ketika memilih buah mangga, tekstur dan aroma yang manis menjadi indikator utama. Berbeda dengan buah semangka, di mana biasanya kamu dapat mengetuk bagian kulit apakah terdengar nyaring atau tidak.

Cara Memilih Buah Berkualitas, Perhatikan Warna Buah yang Dipilih

Warna yang cerah merata umumnya menjadi indikator utama dari kesegaran dan kematangan buah. Sebagai contoh, buah pisang yang matang sempurna akan memiliki warna kuning keemasan tanpa bercak coklat.

Selain itu, buah apel yang berkualitas baik biasanya memiliki warna kulit merata tanpa bintik-bintik gelap. Akan tetapi, penting juga untuk diingat bahwa beberapa jenis buah, seperti jeruk atau anggur, warna alaminya cukup bervariasi yang tetap berkualitas meski tidak seragam.

Cek Tekstur Buah

Cara lain yang bisa dilakukan untuk buah berkualitas, yaitu dengan mengecek teksturnya. Buah yang terlalu keras atau terlalu lembek kemungkinan tidak dalam kondisi terbaik, misalnya alpukat.

Alpukat yang matang sempurna akan terasa lembut saat ditekan ringan, tetapi tidak terlalu lembek. Sementara itu, buah seperti jeruk atau lemon, sebaiknya memiliki kulit yang sedikit kenyal dan padat karena menandakan kandungan jus relatif tinggi.

Aroma Buah

Aroma bisa menjadi salah satu petunjuk yang kuat untuk menentukan kematangan dan kualitas buah. Buah yang matang dan segar biasanya akan mengeluarkan aroma yang manis dan menyegarkan.

Misalnya, melon yang matang akan mengeluarkan aroma manis dan dapat tercium dari luar kulitnya. Akan tetapi, pastikan agar menghindari buah yang memiliki bau terlalu kuat atau menyengat sebab bisa jadi terlalu matang atau bahkan mulai membusuk.

Cara Memilih Buah Berkualitas, Periksa Permukaannya

Saat memilih buah, hindari yang memiliki luka, retakan, atau bintik-bintik mencurigakan pada bagian permukaannya. Sebab, luka pada kulit buah bisa menjadi pintu masuk bagi bakteri atau jamur, yang dapat merusak buah dari dalam.

Pilih Buah Sesuai Musimnya

Buah yang dipanen sesuai dengan musim biasanya memiliki kualitas lebih baik karena ditanam dalam kondisi optimal. Sebagai contoh, mangga yang dipanen saat musim panas cenderung lebih manis dan terasa lezat dibandingkan jika dipanen di luar musim.

Perlu diketahui, buah musiman juga cenderung lebih segar sebab biasanya tidak memerlukan proses penyimpanan yang lama atau perlakuan khusus untuk tetap segar. Tak hanya itu, memilih buah sesuai musim juga memiliki harga yang lebih terjangkau.


Itu dia beberapa cara memilih buah berkualitas yang bisa kamu coba. Pastikan agar membiasakan diri untuk memilih buah dengan cermat akan meningkatkan kualitas hidup dan kesehatan kita secara keseluruhan.

Baca juga: 6 Tips Membuat Kulit Dimsum Anti Robek, Bisa Dicoba di Rumah!

Share this post

Facebook
Twitter
WhatsApp