Kenali Jenis Beras Long, Medium, dan Short Grain

Ilustrasi jenis-jenis beras. (Sumber: mahatmarice.com)

Daftar Isi

Sepertinya sangat sulit untuk memikirkan makanan yang universal selain nasi. Orang Indonesia juga menjadikan beras sebagai makanan pokok utama untuk makanan sehari-hari. Tidak akan kenyang kalau tidak makan nasi bukan? 

Tapi, kamu tahu nggak jenis nasi mana nih yang sering kamu makan buat sarapan, makan siang ataupun makan malam? Ternyata, beras tidak hanya satu macam karena bentuk, tekstur dan panjangnya ada yang berbeda-beda sehingga cara masaknya pun sedikit beda. 

Ada ratusan varian jenis beras, tetapi umumnya terbagi dalam tiga kategori. Mulai dari kategori berbiji panjang (long grain), berbutir sedang (medium grain), dan berbutir pendek (short grain) yang masing-masing memiliki sifat tersendiri. 

Beberapa dari kita mungkin seringkali sedikit kesulitan untuk mencoba membedakan di antara semua jenis beras. Hingga bisa menjadi mimpi buruk kalau nasi kamu hasilnya terlalu lembek atau terlalu kering. 

Memang rice cooker adalah satu satunya senjata sempurna, namun lebih baik sobat laper mulai dengan mengenal dan memilih jenis beras yang tepat dulu ya! Jangan sampai hasilnya malah basah saat kamu maunya kering atau malah menggumpal saat kamu maunya mengembang.

Untuk menghindari kesalahan tersebut dan mempermudah hidup kamu, kami telah menyusun informasi singkat tentang 3 jenis beras tadi. Jadi, kamu dapat mempelajari cara memilih jenis beras mana yang terbaik untuk resep hidangan tertentu. Yuk, mari kita kenali ke-3 jenis beras tersebut!

Baca juga: Sedang Diet? Kenali Jenis Beras yang Baik untuk Diet Ini!

Beras long grain

Ilustrasi beras long grain rice

Sesuai dengan namanya, beras bulir ini ramping dan panjang, hampir empat hingga lima kali lebih panjang daripada lebarnya. Beras ini memiliki tekstur yang keras dan kering sehingga paling baik untuk dijadikan sebagai salad, pilaf dan disantap dengan lauk pauk. 

Jenis bulir ini dimasak hingga mengembang dan terpisah. Contoh long grain rice terbaik adalah beras basmati yang banyak ditemukan di India, Nepal, dan Pakistan. Kamu bisa cobain nih buat nasi biryani, dijamin enak!

Medium grain

Ilustrasi beras medium grain rice

Kalau jenis beras ini lah yang biasanya dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia. Panjangnya sedang dan tekstur butirannya lembab, empuk dan menempel saat dimasak. Medium grain rice mengandung pati dan tidak membuat rasa lengket di mulut ketika dimakan. Jadi kalau mau masak nasi goreng telur yang klasik atau membuat risotto, jenis beras ini lebih cocok!

Beras short grain

Ilustrasi beras short grain rice

Meski ukurannya pendek, tetapi jenis beras ini lebih lebar dan bulat dari kedua jenis beras lainnya tadi. Ketika dimasak, hasil nasi nya akan menggumpal dan lengket dengan satu sama lain seperti nasi pulen. 

Makanan seperti sushi, mango sticky rice, rice balls, puding beras atau ketan kelapa terbuat dari short grain rice. Kenyal, kental dan kelengketan adalah karakteristiknya! Lebih mudah dimakan dengan sumpit juga loh jadi kamu bisa makan segumpal demi segumpal.


Itulah dia bedanya antara 3 jenis beras long, medium dan short grain. Sekarang kamu kenali perbedaannya di atas, kira-kira jenis beras mana yang sering kamu makan? Mana yang lebih kamu suka di antara ketiga itu?

Share this post

Facebook
Twitter
WhatsApp