Cara Agar Daging Empuk di Hari Raya

cara agar daging empuk oleh jadilaper.com

Daftar Isi

Daging merupakan hidangan utama yang selalu hadir ditengah acara penting, namun sering kali bunda membuatnya tidak maksimal dan menjadi alot. Selain menggunakan presto, masih banyak cara yang lebih murah, simple dan hemat gas. Bagaimana cara agar daging empuk? Yuk kita simak!

Metode 5 30 7

Cara pemasakan ini tidak memerlukan gas yang selalu menyala untuk membuat daging empuk. Sebelumnya potong daging menjadi bagian yang lebih kecil.

  1. Menyiapkan air lebih penuh dari tinggi daging dan letakan daging yang ingin di rebus, didihkan hingga 5 menit.
  2. Matikan kompor, tutup panci pastikan uap nya tidak keluar dan diamkan 30 menit
  3. Setelah 30 menit, nyalakan dan rebus kembali selama 7 menit

Cara ini terbilang efektif untuk membuat daging empuk. Hal ini karena pematangannya menggunakan uap yang dijaga panasnya dengan tutup panci. Cocok banget nih untuk dijadikan rendang, semur atau olahan lezat lainnya.

Baca Juga: Cara Jitu Agar Daging Sapi Empuk, dan Ide Pengolahannya

Cara Agar Daging Empuk: Menggunakan Nanas

Percayakah bunda bahwa nanas dapat membuat daging menjadi lembut. Itu semua terjadi karena pada nanas terkandung enzim bromelain yang bekerja untuk memecah protein sehingga membuat daging empuk. Langkahnya dengan :

  1. Pukul-pukul daging hingga lebih tipis dan siapkan wadah plastik.
  2. Potong tipis nanas dan campurkan kedalam wadah berisi daging selama 30-45 menit. Setelah selesai, cuci kembali dan siap untuk di olah.

Dengan nanas menghindari bau pada daging dan menambah cita rasa daging yang paling penting adalah tidak keluar uang banyak.

Baca Juga: Tips Mengupas Nanas Mudah, Kamu Pasti Bisa!

Daun papaya

Daun papaya juga bisa membuat daging empuk, didalam daun papaya terdapat enzim papain yang berfungsi sama seperti nanas. Caranya hanya dengan remas-remas daun papaya hingga getah nya keluar lalu masukan daging dan bungkus selama 30 menit. Cara ini biasa digunakan pada hari raya kurban untuk orang-orang yang ingin membuat sate.

Cara Agar Daging Empuk: Soda Kue

Cara satu ini mudah dan murah karena selalu ada di dapur nih bun. Pertama campurkan 1 sdt soda kue dengan segelas air lalu Iris lebih kecil daging dan rendam selama 30 menit. Setelah nya bilas dengan air dan siap diolah menjadi makanan kesukaanmu.

Baca Juga: Daging Asap Seilera, Sei Sapi Kekinian Khas NTT

Garam

Garam bisa membuat lembut daging karena akan mengeluarkan kelembapan di dalam daging. Cara ini ampuh juga untuk menambah cita rasa daging menjadi lebih enak. Langkahnya hanya dengan memberi taburan garam ke atas permukaan daging dan tunggu sampai 30 menit.

Praktis dan mudah bukan? Bahan yang diperlukan agar daging empuk tanpa harus menggunakan presto dan pastinya lebih hemat gas. Menjelang hari-hari spesial seperti idul fitri, idul adha, natal, ulang tahun, pengajian, pasti ingin semua tampak sempurna, terlebih soal masakan. Selain metode bunda juga perlu memerhatikan kualitas daging. Paling suka cara yang mana nih bun? Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

Share this post

Facebook
Twitter
WhatsApp