Ingin Sehat? Ganti Minyak Goreng Milikmu dengan Ini!

pengganti minyak goreng oleh jadilaper.com

Daftar Isi

Minyak goreng memang di gunakan sehari-hari untuk menciptakan makanan yang enak. Tapi, jika kamu salah memilih, bukannya memberikan dampak baik malah menimbulkan berbagai penyakit akibat mengandung lemak jenuh. Ada banyak macam minyak yang bisa dijadikan pengganti minyak goreng, diantaranya minyak kelapa sawit, zaitun, bunga matahari, dan masih banyak lagi.

Minyak goreng yang biasa kita gunakan sehari-hari adalah minyak yang terbuat dari kelapa sawit. Minyak ini mengandung omega-6 yang bila dikonsumsi berlebihan, dapat berbahaya bagi kesehatan. Dampak yang dapat ditimbulkan antara lain penyakit jantung, peradangan sendi (arthritis), depresi, dan bahkan kanker

Karena itu, kami menyajikan informasi yang bisa digunakan untuk mejadi pengganti minyak kelapa sawit. Apa saja? yuk kita simak!

Pengganti Minyak Goreng, Minyak Zaitun

Dilansir dari Hello Sehat (diakses pada 27 april 2021), minyak zaitun sangat baik digunakan untuk jadi minyak goreng. Hal ini karena tidak banyak mengalami perubahan nutrisi saat dipanaskan di atas wajan. Lebih baik minyak zaitun di gunakan pada api yang tidak terlalu panas dengan menggunakan metode minyak sedikit (shallow frying). Minyak zaitun mengandung anti inflamasi dan tinggi akan antioksidan.

Baca Juga: Ide Olahan Brokoli untuk Menurunkan Kadar Kolesterol

Pengganti Minyak Goreng, Minyak Alpukat

Terdengar aneh jika digunakan, memang. Namun faktanya alodokter mengatakan (diakses pada 27 April 2021) minyak ini tidak mengandung minyak jenuh sehingga baik untuk jantung. Menurut medical news today (diakses pada 27 April2021) minyak alpukat cocok di gunakan untuk menggoreng dengan minyak sedikit (shallow frying).

Minyak Bunga Matahari

Menurut medical news today (diakses pada 27 April2021), minyak bunga matahari baik digunakan untuk memanggang maupun menggoreng. Minyak ini mengandung vitamin e, vitamin k, asam lemak tak jenuh tunggal dan ganda yang baik untuk mendukung kesehatanmu. Sehingga minyak bunga matahari mungkin pilihan tepat untuk jadi teman menggoreng makananmu.

Ganti Minyak Goreng dengan Minyak Kacang

Minyak kacang didapatkan dari jenis kacang walnut dan almond. Menurut food data central (diakses pada 27 April 2021), jenis minyak ini mengandung anti inflamasi, asam lemak omega 6, dan lemak tak jenuh sehingga cocok digunakan untuk menggoreng.

Minyak Kanola

Jenis minyak kanola berasal dari biji kanola yang merupakan minyak nabati. Jenis minyak ini mengandung lemak tak jenuh dengan omega 3 yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan jantung.

Baca Juga: Resep Kentang Goreng Air Fryer Renyah

Minyak Kenari

Jenis minyak ini memberikan manfaat bagi kesehatan khususnya dalam menyeimbangkan gula darah. Hal ini karena minyyak kenari memiliki kandungan lemak sehat dan antioksidan yang tinggi. Minyak kenari juga dapat digunakan untuk memelihara kesehatan kulit, menjaga tekanan darah dan masih banyak lagi. Biasanya minyak ini digunakan untuk salad dibanding menjadi minyak goreng.

Minyak Wijen

Bermanfaat untuk menjaga kesehatan kulit, rambut, baik untuk kesehatan gigi dan mulut dan kaya akan anti oksidan. Biasa minyak wijen digunakan untuk jadi minyak goreng saat menumis agar makanan menjadi kaya akan keharuman dan rasanya yang semakin enak

Baca Juga: Menu SaladStop! Andalan yang Bikin Kamu Susah Berhenti

Dari pilihan diatas, membuktikan bahwa sudah saatnya kamu mengganti minyak goreng yang biasa kamu gunakan menjadi minyak yang jauh lebih sehat. Sekarang sudah banyak minyak sehat yang dijual baik di supermarket maupun ecommerce.

Jadi tunggu apa lagi? Ganti minyak goreng jahatmu, untuk menghindari berbagai penyakit serius seperti jantung, stoke, kolesterol, kanker, tekanan darah tinggi dan penyakit kronis lainnya.

Share this post

Facebook
Twitter
WhatsApp