Lokma, Kudapan Imut khas Timur Tengah

ulasanulasan lokma dari jadilaper.com

Daftar Isi

Mungkin kalian mengenal lokma sebagai bola-bola donat yang diberi berbagai macam topping yang meleleh dimulut. Nah, tapi sebenarnya lokma itu apa sih? Lokma merupakan cemilan khas Timur Tengah dan Eropa, tepatnya di Arab Saudi, Turki, Mesir, dan Yunani.

Kudapan ini terbuat dari adonan tepung dan ragi yang merupakan bahan utama pembuatan donat. Berbeda dari donat pada umumnya yang memiliki bolongan di tengahnya, lokma berbentuk seperti bola-bola kecil yang dapat dimakan dalam sekali gigit. Sehingga sering juga disebut sebagai donut hole atau bolongan donat.

Lokma dari Waktu ke Waktu

Di tempat asalnya, cemilan ini juga disebut loukoumades. Cara pembuatannya dengan menggoreng adonan hingga coklat keemasan, kemudian disiram sirup atau madu sebagai tambahan. Dalam keadaan hangat, cemilan ini cocok banget sebagai jajanan sore teman ngopi.

Baca Juga Artikel Cemilan Lainnya: 5 Cemilan Sunda Online Ini Cocok Jadi Teman Gabutmu

Nah, di zaman sekarang sudah mulai banyak negara-negara yang menjual dengan versi “masa kini”. Mulai dari bahannya yang diganti menggunakan greek yogurt. Selain rasanya yang lebih ringan, penggunaan greek yogurt akan membuat cemilanmu lebih sehat. Tak hanya itu, si kecil ini juga bisa diberi topping yang lebih bervariasi. Mulai dari cokelat, kacang, tiramisu, green tea, dan masih banyak lagi lainnya.

Kemunculan di Indonesia

Di negara kita, kudapan manis ini mulai dikenal sejak tahun 2020-an dengan munculnya salah satu anak cabang ternama dari Australia, yaitu Loukoumades. Dengan cara baru untuk menikmati donat yang unik ini, Lukumades menarik perhatian masyarakat, khususnya warga net atau warga internet. Mulai dengan posting-an dari Lukumades dan pelanggan yang memperlihatkan betapa melimpahnya topping dengan berbagai macam varian, membuat nama Lukumades semakin naik dan makin ramai pula pelanggannya.

Mulai dari situ, semakin banyak toko di Indonesia yang menambah kudapan ini sebagai tambahan menunya. Beberapa kedai makanan yang menjual cemilan ini dengan topping yang bermacam-macam, seperti Amazeballs Lukumades di Jakarta Utara, Greek Donat (LUKUMADES) dan Susu Kurma di Surabaya, hingga salah satu kedai donat franschise milik artis papan atas Indonesia, Baim Wong dan Paula Verhouven, Donuthing.

Belum ada yang menjual lokma di daerahmu? Kamu bisa jadi pelopor di daerah sendiri. Bahan dan cara pembuatan kudapan ini pun tergolong terjangkau dan mudah. Apalagi di masa pandemi seperti ini, lokma bisa menjadi peluang usaha kamu dengan popularitasnya yang sedang naik dengan digandrunginya oleh masyarakat.

Baca Juga Artikel Makanan Lainnya: 7 Ide Dessert yang Bisa Dibuat di Rumah

Nah, sekarang teman-teman sudah tahu nih, lokma itu apa. Kira-kira teman-teman sudah ada yang tertarik untuk cobain belum?

Share this post

Facebook
Twitter
WhatsApp