Yuk Pahami, Begini 3 Tips Membersihkan Kulit Sapi dengan Mudah

cara membersihkan kulit sapi

Daftar Isi

Tips membersihkan kulit sapi cukup mudah untuk diikuti, terutama jika baru pertama kali mengolahnya. Perlu diketahui, sebelum mengolah bagian kulit sapi ada baiknya untuk menyingkirkan seluruh bulu yang ada.

Hal ini bertujuan agar kulit sapi siap untuk diolah menjadi berbagai sajian yang sedap. Lalu, bagaimana cara terbaik untuk membersihkan kulit sapi? Jika ingin tahu tips membersihkan bagian dari sapi ini, simak pembahasan Minbay berikut!

Baca juga: 5 Tips Mengolah Usus Ayam Agar Lebih Bersih dan Tak Amis

Tips Membersihkan Kulit Sapi yang Bisa Dicoba

Ilustrasi Tips Membersihkan Kulit Sapi. (Sumber: oDara Foods)

Kulit sapi termasuk salah satu bagian yang enak untuk diolah menjadi berbagai hidangan. Akan tetapi, kebanyakan orang mungkin merasa kesulitan dan memilih untuk membeli yang sudah dibersihkan.

Padahal, ada cara mudah untuk membersihkan kulit sapi menggunakan bahan atau metode tertentu. Adapun beberapa tips yang bisa dilakukan agar kulit sapi bersih dari kotoran dan bulu, antara lain:

Bersihkan Kulit dengan Kapur Sirih

Kapur sirih termasuk salah satu bahan yang biasa dipakai untuk membantu membersihkan kulit sapi. Beberapa bahan yang perlu dipersiapkan sangat sederhana, yaitu air secukupnya dan kapur sirih.

Cara pun cukup mudah, yang pertama adalah merebus air hingga mendidih kemudian siapkan kulit sapinya. Jika perlu, potong kulit yang masih berbulu menjadi bagian-bagian penting untuk proses pembersihan.

Setelah mendidih, matikan air dan masukkan kapur sirih untuk kemudian diaduk hingga tercampur rata. Lalu, letakkan kulit yang sudah dipotong ke atas talenan kayu, siram menggunakan air panas, dan campurkan kapur sirih sedikit demi sedikit.

Kerok bagian luar kulit sapi dengan pisau sampai semua bulu halusnya bersih atau habis. Saat ingin mengolahnya menjadi menu masakan, kamu bisa menyiram kulit sapi dengan air bersih dan direbus.

Bersihkan Kulit Sapi dengan Cara Dibakar

Tak hanya menggunakan kapur sirih, kamu juga bisa membersihkan kulit sapi dengan cara dibakar. Langkah pertama, letakkan bagian kulit sapi di atas alat pemanggang untuk memulai proses pembakaran.

Pastikan membakar kulit sapi hingga bulu yang menempel benar-benar rontok dan bersih. Apabila masih terdapat sejumlah bulu pada kulit sapi, maka kamu bisa menghilangkannya dengan cara dikerok.

Perhatikan sisa-sisa bulu hingga ke bagian lain yang mungkin terlewat dan masih menempel pada kulitnya. Setelah itu, kamu bisa melanjutkan dengan membilas kulit sapi menggunakan air mengalir atau rebus hingga memiliki tekstur yang empuk.

Bersihkan Kulit Sapi dengan Direbus

Cara paling mudah untuk membersihkan kulit sapi dari kotoran dan bulu-bulu halus adalah dengan merebusnya. Bahan-bahan yang diperlukan hanya dua, yakni kulit sapi dan air secukupnya.

Untuk langkah pertama, kamu bisa panaskan air terlebih dahulu tetapi jangan sampai mendidih kemudian masukkan kulit sapi yang masih mentah. Lalu, diamkan selama lima menit hingga kulit terlihat mulai menyusut.

Setelah itu, angkat kulit sapi dan letakkan di atas talenan kayu untuk dikerok bulunya. Kemudian, rebus kembali kulit sapi yang masih memiliki sisa bulu ke dalam air rebusan sebelumnya.

Angkat kulit sapi dan kerok menggunakan sendok atau pisau tajam agar bulu halus benar-benar menghilang. Terakhir, bakar kulit sapi di atas kompor tanpa memakai alas untuk membuat sisa-sisa bulu di bagian pinggir ikut rontok.


Itu dia beberapa tips membersihkan kulit sapi dari bulu dan kotoran yang mungkin berbahaya jika tidak menghilang sepenuhnya. Apabila ingin mengetahui berbagai tips mengolah sajian lainnya, cek artikel terbaru di laman Tokobay! Lakukan juga pemesanan makanan yang lebih simpel dengan unduh aplikasinya di App Store atau Play Store.

Baca juga: 5 Cara Mengolah Ikan Patin, Bisa Bantu Hilangkan Bau Amis!

Share this post

Facebook
Twitter
WhatsApp