Blue Cheese Viral di TikTok? Intip Fakta Menariknya Berikut!

Ilustrasi Blue Cheese yang viral. (Sumber: JollyNews)

Daftar Isi

Setelah ramainya tantangan natto, kini giliran blue cheese yang viral di TikTok. Banyak yang mengunggah video untuk menantang diri sendiri makan keju biru ini. Memiliki rasa dan aroma yang unik, pantas saja tagar #BlueCheeseChallenge bertebaran di FYP.

Tidak hanya itu, wujud dari jenis keju yang satu ini juga buruk rupa. Pasti tak sedikit orang mengira keju ini sudah busuk karena tampak berjamur. Padahal, rupa blue cheese memang umumnya seperti itu. Serabut berwarna biru kehijauan di permukaan memanglah jamur.

Namun, siapa sangka ternyata blue cheese adalah keju mewah yang harganya menjulang? Ingin tahu fakta menarik lainnya? Simak pembahasannya berikut ini, yuk!

Baca juga: Sambal Bakar TikToker Iben Ma Viral Sampai Antre Panjang!

Asal usul blue cheese

Blue cheese ternyata berasal dari negeri jauh, yaitu Prancis. Keju mahal ini juga populer di berbagai negara Eropa. Biasanya, hidangan yang memakai blue cheese kerap ditemui di restoran bintang lima.

Nama blue cheese ini juga diberikan karena terdapatnya jamur berwarna biru kehijauan. Jamur ini memang muncul secara alami karena proses pembuatannya. Umumnya, keju ini terbuat dari susu domba yang dicampur dengan bakteri bernama Penicillium roqueforti.

Memang kemunculan jamur bermotif marble ini membuat blue cheese terlihat meragukan untuk dikonsumsi. Padahal, nutrisi yang terkandung dalam keju ini sangatlah kaya. Mulai dari A sampai D, kalium, natrium, zinc, fosfor, selenium, dan riboflavin, semuanya ada di dalamnya.

Jenis-jenis blue cheese

Ternyata, blue cheese mempunyai banyak jenis yang terbagi berdasarkan bahan bakunya. Ditambah, lokasi pembuatannya pun merupakan salah faktor pembedanya. Berikut adalah 4 jenis blue cheese.

Roquefort

Jika tadi telah disebutkan kalau blue cheese terbuat dari susu domba, itu berarti keju biru ini termasuk ke dalam jenis roquefort. Sebagai bahan baku, susu domba dibiarkan di tebing kapur hingga mengalami proses menua (aging).

Blue cheese jenis roquefort adalah jenis tertua yang mewakili betapa lezatnya keju berjamur ini. Selain creamy dan aromatik, keju asal Prancis ini mempunyai cita rasa tajam dan manis.

Gorgonzola

Bukan dari susu domba, gorgonzola diproduksi dari susu sapi yang sedang merumput di padang rumput Lombardy dan Piedmont. Keju asal Italia ini mempunyai tekstur yang lembut jika umurnya masih muda. Sementara itu, versi yang sudah berumur teksturnya sedikit keras dan cita rasanya lebih kuat.

Blue Stilton

Jenis blue stilton juga sama-sama terbuat dari susu sapi, namun yang satu ini berasal dari dataran tengah Inggris. Tekstur yang keju biru jenis ini cenderung lembab dan rapuh. Selain asin, cita rasanya pun kuat dan juga pedas.

Danablu

Diproduksi di pulau Funen, Denmark, jenis ini juga diproduksi dari susu sapi. Mempunyai tekstur yang lembut, Danablu ternyata memiliki cita rasa yang mirip roquefort. Hanya saja, keju biru ini rasanya lebih ringan.

Cara penyajian blue cheese

Ilustrasi Blue Cheese yang viral di TikTok
Ilustrasi blue cheese

Sebenarnya, banyak sekali kreasi masakan yang menggunakan blue cheese sebagai bintang utamanya. Misalnya saja, keju ini sering diolah menjadi dressing salad atau saus pasta.

Akan tetapi, sejatinya keju ini disajikan bersama wine sebagai camilan pendamping. Biskuit dan buah anggur juga turut serta menemani blue cheese di piring saji.


Begitulah pembahasan tentang blue cheese yang viral mulai dari asal usul hingga cara penyajiannya. Keunikan keju ini memanglah faktor yang membuatnya menjadi populer di TikTok. Bagaimana? Berani coba keju berjamur ini?

Baca juga: Resep Cirambay, Camilan Olahan Aci yang Viral di Tiktok

Share this post

Facebook
Twitter
WhatsApp