Tips Mengolah Ikan, Tidak Bau Lumpur!

Ilustrasi ikan segar. (sumber: Pixabay)

Daftar Isi

Jika makan di suatu restoran, pernah atau seringkali mendapat ikan yang bau lumpur atau tanah? Atau saat memasak ikan juga mengalami kejadian serupa? Tentunya, hal tersebut pasti menyebalkan!

Ikan air tawar memang biasa hidup di lumpur, sehingga saat diolah pun masih ada baunya. Misalnya, ikan gurame, ikan mas, ikan bandeng, dan beberapa ikan lainnya. Namun, kamu tidakperlu khawatir lagi. Sebab, ada tips agar ikan yang diolah terbebas dari bau lumpur. Yuk, simak informasinya di bawah ini!

Baca juga: Tips Membuat Pastry Bagi Para Pemula

Lemon

Menghilangkan bau lumpur pada ikan dengan lemon

Cara ini banyak digunakan masyarakat Indonesia karena terbukti ampuh dan simpel. Kamu cukup menyiapkan satu lemon, baik lokal maupun import. Lalu, lemon tersebut di peras ke atas ikan dan diberi air. Kemudian, rendam ikan tersebut sekitar 15 menit. Setelah selesai, kamu bisa bilas kembali ikan tersebut dengan air mengalir. 

Garam

Mengapa Ikan Asin Bisa Tahan Lama? Halaman all - Kompas.com

Tampilan ikan yang dilumuri oleh garam

Selanjutnya, ada garam yang dapat kamu gunakan untuk menghilangkan bau lumpur pada ikan. Apalagi bahan yang dibutuhkan selalu ada di dapur dan mudah ditemukan. Caranya cukup mudah, yakni kamu hanya perlu baluri garam pada permukaan ikan. Kemudian, tunggu selama 30 menit agar bahan tersebut meresap. Setelah itu, ikan dapat bilas hingga bersih dengan air mengalir.  

Rempah-rempah

Resep Bumbu marinasi ikan goreng (anti bau amis) oleh Ratu Ffa - Cookpad

Ikan yang telah dilumuri dengan rempah-rempah

Berikutnya ada cara lain untuk menghilangkan bau lumpur pada ikan, yakni dengan penggunaan rempah-rempah. Caranya adalah balurkan rempah-rempah tersebut di ikan, sehingga bau tersebut bisa hilang. Selain baunya hilang, cara tersebut juga dapat mempersedap ikan saat diolah nantinya. Dengan menghaluskan rempah-rempah, kamu menggunakan bahan tersebut untuk marinasi ikan selama 1 jam.

Membersihkan insang dan perut ikan

4 Cara Bersihkan Ikan Segar, dari Sisik sampai Insang Halaman all -  Kompas.com

Ilustrasi membersihkan perut ikan

Untuk menghilangkan bau lumpur, kamu bisa langsung membersihkan insang dan perut ikan usai membelinya. Bila bau lumpur dan amis itu sudah tidak tercium, kamu bisa meletakan ikan tersebut di dalam freezer. Tujuannya agar kesegaran dari ikan tetap terjaga.

Ikan yang masih hidup

Ada cara lain untuk mengurangi bau lumpur pada ikan, yakni dengan membelinya dalam keadaan masih hidup. Kemudian, kamu bisa langsung mencuci ikan dan letakan di air bersih. Cara tersebut terbilang ampuh untuk mengeluarkan lumpur maupun kotoran yang ada pada tubuh ikan.

Susu sebagai penetral

Bukan hanya sebagai penetral saat merasakan pedas, namun ternyata susu juga bisa digunakan untuk menghilangkan bau pada ikan. Caranya adalah merendam ikan dengan susu selama 1 jam. Kemudian, kamu dapat membilasnya dengan air yang mengalir. Selain bau hilang, cara tersebut juga akan membuat ikan menjadi lebih lembut.


Itulah tips agar ikan yang kamu olah tidak bau lumpur atau tanah. Selain itu, juga menghilangkan bau amis pada ikan. Cara di atas pun bisa memberikan keharuman akan bumbu dan rempah yang kamu pakai. Bukan hanya menjadi lezat dengan cara diatas, tetapi juga dapat menambah manfaat kesehatan disaat menyantapnya. Jadi, tips mana yang paling kamu sukai? 

Share this post

Facebook
Twitter
WhatsApp