7 Tips Makan Yakitori Untuk Pemula, Dijamin Makin Nikmat!

tips makan yakitori untuk pemula

Daftar Isi

Yakitori adalah hidangan tradisional Jepang yang terdiri dari potongan-potongan daging atau bahan lainnya yang ditusuk dan dipanggang di atas bara api. Hidangan ini memiliki cita rasa yang unik dan dapat dinikmati sebagai hidangan utama atau sebagai camilan saat bersantai. 

Bagi pemula yang ingin mencoba yakitori untuk pertama kalinya, berikut adalah beberapa tips dan panduan yang dapat membantu kamu menikmati pengalaman makan yang autentik dan memuaskan:

Baca juga: 7 Tips Menyimpan Bumbu Masakan, Awet dan Tetap Beraroma!

Tips Makan Yakitori untuk Pemula yang Perlu Diketahui

Ilustrasi Tips Makan Yakitori untuk Pemula. (Sumber: The Spruce Eats)

Yakitori merupakan salah satu makanan yang cocok dimakan kapan saja, baik sarapan maupun dinner. Namun, sebelum memakannya, ada beberapa hal yang perlu dipahami, antara lain sebagai berikut:

Kenali Jenis-Jenis Yakitori

Sebelum memulai, penting untuk mengetahui bahwa ada berbagai jenis yakitori yang bisa kamu temui:

Negima: Yakitori yang terdiri dari potongan daging ayam yang dipotong kecil-kecil dan dipanggang bersama potongan daun bawang.

Tsukune: Yakitori berbentuk bola atau silinder dari daging ayam cincang yang dicampur dengan bumbu dan kadang-kadang telur, kemudian dipanggang.

Torikawa: Kulit ayam yang dipanggang hingga renyah.

Tebasaki: Sayap ayam yang dipanggang dengan bumbu pedas atau manis.

Pilih Tempat yang Tepat

Untuk mendapatkan pengalaman makan yakitori yang autentik, pilihlah restoran atau kedai yakitori yang terkenal atau disarankan oleh penduduk lokal. Kedai-kedai kecil di jalan-jalan kecil di Jepang sering kali menyajikan yakitori dengan cita rasa yang paling otentik.

Pesan Berbagai Jenis Yakitori

Saat memesan yakitori, pastikan untuk mencoba berbagai jenisnya. Biasanya, ada menu yang 

menawarkan berbagai pilihan yakitori dalam satu porsi atau kamu bisa memesan satu per satu untuk mencicipi perbedaan citarasa dari setiap jenis.

Cara Menikmati Yakitori

Gunakan Sumpit: Yakitori biasanya disajikan dengan sumpit. Gunakan sumpit untuk mengambil potongan yakitori dari tusukan dan nikmati dengan perlahan-lahan.

Perhatikan Suhu: Yakitori biasanya disajikan saat masih panas. Nikmati segera setelah disajikan untuk mendapatkan cita rasa yang optimal.

Sajikan dengan Saus dan Taburan

Saus Tare: Yakitori sering disajikan dengan saus tare yang merupakan campuran dari kecap manis, mirin, sake, dan gula. Saus ini memberikan cita rasa manis dan gurih yang khas.

Shichimi: Taburan bumbu shichimi yang terdiri dari campuran bubuk cabai, jeruk, wijen, rumput laut, dan rempah-rempah lainnya dapat ditambahkan untuk memberikan rasa pedas dan aroma tambahan.

Sertakan Minuman

Yakitori sering dinikmati bersama minuman seperti bir Jepang (biru), sake, atau teh hijau. Pilihlah minuman yang sesuai dengan selera kamu untuk menambah kenikmatan saat menikmati yakitori.

Jangan Lupa Dessert

Setelah menikmati hidangan utama yakitori, jangan ragu untuk mencoba dessert Jepang seperti mochi (kue beras yang dipadatkan), atau es krim rasa teh hijau untuk mengakhiri hidangan dengan manis.


Itu dia beberapa tips makan yakitori untuk pemula yang bisa dicoba. Apabila ingin tahu berbagai makanan Jepang lainnya, cek saja artikel terbaru di laman JadiLaper ya!

Baca juga: 10 Tips Memasak untuk Dijual, Pastikan Agar Sesuai Standar!

Share this post

Facebook
Twitter
WhatsApp