6 Makanan Tinggi Vitamin D yang Bermanfaat untuk Kesehatan Tulang

makanan tinggi vitamin D

Daftar Isi

Makanan tinggi vitamin D dikenal memiliki manfaat yang sangat beragam untuk tubuh. Vitamin D sendiri merupakan salah satu nutrisi esensial yang berperan penting dalam menjaga kesehatan tulang dan sistem kekebalan tubuh.

Ya, vitamin satu ini bisa membantu tubuh menyerap kalsium, yang sangat penting untuk kesehatan tulang dan gigi. Lalu, apa saja rekomendasi makanan yang tinggi akan vitamin D? Jika penasaran dengan daftarnya, berikut ulasan lengkap JadiLaper!

Baca juga: Daftar 6 Makanan Tinggi Protein Terbaik, Bisa Jadi Pilihan Menu Diet!

Makanan Tinggi Vitamin D yang Bisa Dicoba

Ilustrasi Makanan Tinggi Vitamin D. (Sumber: Unsplash)

Perlu dipahami, vitamin D berperan dalam mengatur sistem kekebalan tubuh, fungsi otot, dan inflamasi. Jika kekurangan vitamin D, maka dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan, termasuk osteomalasia pada orang dewasa dan rakhitis pada anak-anak.

Karena itu, kamu bisa mengonsumsinya secara rutin agar tubuh mendapatkan manfaatnya secara maksimal. Adapun beberapa makanan tinggi vitamin D yang akan membantu memenuhi kebutuhan harian, antara lain sebagai berikut:

Ikan Berlemak

Ikan berlemak merupakan salah satu sumber terbaik vitamin D. Beberapa jenis ikan yang tinggi vitamin D, yaitu salmon, sarden, dan tuna. Salmon memang menjadi salah satu ikan yang paling populer dan kaya akan vitamin D.

Dalam satu porsi salmon, terdapat sekitar 100 gram dan menyediakan sekitar 447 International Units atau IU vitamin D. Apabila ditambahkan ke dalam masakan, maka sudah memenuhi kebutuhan vitamin D harian.

Untuk sarden, ikan kecil ini mengandung sekitar 193 IU vitamin D. Sementara tuna kalengan dalam satu porsinya terdapat sekitar 100 gram mengandung sekitar 268 IU vitamin D yang baik bagi tubuh.

Jus Jeruk

Selanjutnya, jus jeruk juga diperkaya dengan vitamin D. Untuk ukuran satu jus jeruk yang sudah diolah atau sekitar 237 ml, terkandung 100 IU vitamin D dan sanggup memenuhi kebutuhan nutrisi harian hingga 12 persen.

Makanan Tinggi Vitamin D, Jamur

Jamur merupakan sumber vitamin D satu-satunya yang berasal dari tanaman. Beberapa jenis jamur yang kaya akan vitamin D, yaitu jamur maitake dan jamur shiitake. Sama seperti manusia, jamur bisa mensintesis vitamin D saat terkena sinar UV.

Akan tetapi, jamur hanya akan menghasilkan vitamin D berbeda dengan hewan yang menghasilkan vitamin D3. Meski begitu, beberapa varietas mengemas vitamin D sampai 2.300 IU per porsi 3,5 ons atau hampir tiga kali lipat dari kebutuhan harian orang dewasa.

Untuk jamur maitake yang dibudidayakan, biasanya terkandung vitamin D cukup tinggi. Jamur maitake dengan berat 50 gram dapat mencukupi hingga 94 persen kebutuhan harian vitamin D seseorang.

Kuning Telur

Telur, khususnya kuning telur, mengandung sejumlah vitamin D yang baik untuk kesehatan tubuh. Dalam satu butir kuning telur, mengandung sekitar 37 IU vitamin D atau mencukup kebutuhan vitamin D hingga 5 persen.

Untuk mendapatkan lebih banyak vitamin D, pilihlah telur dari ayam yang dibesarkan di luar ruangan atau yang diberi makanan yang diperkaya vitamin D. Telur ayam yang diberi pakan bisa menghasilkan vitamin D hingga 6.000 IU.

Susu Kedelai

Vitamin D memang lebih banyak ditemukan dalam produk makanan hewani sehingga vegetarian berisiko mengalami kekurangan asupan nutrisi ini. Untuk itu, terdapat penggantinya, yakni susu kedelai yang diperkaya dengan nutrisi atau vitamin dan mineral.

Dalam satu cangkir susu kedelai yang sudah diolah, yaitu sekitar 237 ml, terkandung 107 hingga 117 IU vitamin D. Jumlah asupan nutrisi tersebut diketahui sudah mencukupi kebutuhan vitamin D harian sebesar 13 hingga 15 persen.


Itu dia beberapa makanan tinggi vitamin D yang bisa kamu konsumsi secara rutin. Jika kamu merasa kesulitan mendapatkan cukup vitamin D dari makanan, maka segera konsultasikan dengan dokter atau ahli gizi untuk mempertimbangkan konsumsi suplemen.

Baca juga: 6 Rekomendasi Makanan Tinggi Serat yang Bermanfaat untuk Tubuh

Share this post

Facebook
Twitter
WhatsApp