Catat, Ini 7 Manfaat Konsumsi Asam Folat Bagi Kesehatan Tubuh

manfaat konsumsi asam folat

Daftar Isi

Manfaat konsumsi asam folat sangat beragam berkat kandungan nutrisi yang ada di dalamnya. Asam folat sendiri merupakan salah satu jenis vitamin B, yakni vitamin B9 yang mudah ditemukan di beberapa makanan.

Apabila dikonsumsi secara rutin, maka nutrisi dalam asam folat bisa membantu memelihara sel-sel tubuh. Lalu, apa saja manfaat dari mengonsumsi asam folat? Jika ingin tahu berbagai manfaatnya, berikut ulasan lengkap JadiLaper!

Baca juga: Catat, Ini 7 Manfaat Rutin Konsumsi Madu Bagi Kesehatan Tubuh

Manfaat Konsumsi Asam Folat yang Perlu Diketahui

Ilustrasi Manfaat Konsumsi Asam Folat. (Sumber: TIMES Indonesia)

Sebagai nutrisi penting yang dibutuhkan tubuh, asam folat dapat mencegah risiko munculnya beberapa penyakit. Adapun beberapa manfaat yang bisa diperoleh dengan rutin mengonsumsi asam folat, antara lain sebagai berikut:

Bisa Cegah Anemia

Anemia termasuk penyakit yang terjadi akibat tubuh kekurangan asam folat. Untuk itu, nutrisi satu ini bisa menjadi obat sekaligus pencegah anemia karena bertugas memproduksi sel darah merah.

Saat kekurangan asam folat, tubuh tidak akan bisa memproduksi cukup sel darah merah sehingga mengakibatkan munculnya penyakit anemia. Biasanya, gejala yang dirasakan, seperti badan terasa lemas, kulit berwarna pucat, serta napas lebih pendek.

Manfaat Konsumsi Asam Folat, Jaga Daya Tahan Tubuh

Manfaat lain dari mengonsumsi asam folat adalah membantu menjaga imunitas tubuh. Ya, asam folat diketahui mampu meningkatkan kekebalan tubuh sehingga lebih kuat terhadap berbagai infeksi penyakit.

Turunkan Risiko Penyakit Jantung

Bagi yang rutin mengonsumsi asam folat, akan mendapatkan manfaat, berupa penurunan risiko penyakit kantung. Asam folat yang bekerja sama dengan vitamin B12 akan membantu jantung menjadi lebih sehat.

Bahkan, asam folat bisa mengurangi pembekuan dan penggumpalan darah yang menyebabkan terjadinya penyakit jantung. Karena itu, pastikan untuk mendapatkan cukup nutrisi, terutama asam folat, ya.

Tingkatkan Kesehatan Sistem Pencernaan

Saluran pencernaan manusia kerap mengalami masalah, mulai dari sembelit, diare, dan lainnya. Karena itu, kamu bisa mencoba mengonsumsi asam folat bersamaan dengan vitamin C dan B12 untuk mencerna protein.

Bantu Pembentukan Sel

Selain menurunkan risiko penyakit jantung, konsumsi asam folat juga bisa membantu pembentukan sel-sel bar pada tubuh orang dewasa. Sel dalam tubuh memang mudah rusak jika terkena paparan radikal bebas.

Untuk itu, tubuh perlu memproduksi sel baru dengan cepat. Tak hanya mengonsumsi asam folat, nutrisi lain yang juga bisa membantu pembentukan sel baru, yaitu protein, vitamin B12, asam amino, dan vitamin C.

Manfaat Konsumsi Asam Folat, Tunjang Tumbuh Kembang Janin

Ketika hamil, tak hanya ibu yang membutuhkan nutrisi melainkan janin dalam kandungannya. Biasanya, ibu hamil dianjurkan untuk mengonsumsi berbagai makanan bernutrisi, termasuk asam folat.

Pasalnya, asam folat dapat membantu pertumbuhan otak, sumsum tulang belakang, pembentukan sel darah merah, organ, hingga tengkorak bayi selama masa kehamilan. Tak hanya itu, asam folat juga bisa mencegah terjadinya keguguran.

Jaga Kesehatan Kulit

Selanjutnya, asam folat juga bisa menghilangkan racun-racun yang ada di dalam tubuh. Hal ini tentunya akan mencegah munculnya jerawat pada wajah dan membuat kesehatan kulit tubuh semakin terjaga dengan baik.

Apabila dikonsumsi secara rutin, asam folat akan membantu mengencangkan kulit sehingga bisa mencegah penuaan dini. Akan tetapi, pastikan agar konsumsinya tidak berlebihan guna menghindari kulit tubuh menjadi kering.


Itu dia beberapa manfaat konsumsi asam folat yang penting untuk diketahui. Apabila ingin tahu berbagai manfaat dari makanan sehat lainnya, kamu bisa cek artikel terbaru hanya di laman JadiLaper ya!

Baca juga: Simak, Ini 7 Manfaat Konsumsi Sayuran Hijau untuk Kesehatan Tubuh

Share this post

Facebook
Twitter
WhatsApp