6 Jenis Madu untuk Dikonsumsi, Punya Banyak Manfaat Kesehatan

jenis madu untuk dikonsumsi

Daftar Isi

Jenis madu untuk dikonsumsi sangat beragam dan ternyata memiliki sejumlah manfaat bagi tubuh. Madu sendiri merupakan bahan makanan alami dari nektar tumbuhan yang dihasilkan oleh lebah madu.

Perlu diketahui, semua jenis madu yang didapatkan dan diproses secara alami mengandung nutrisi tinggi. Lantas, apa saja jenis madu yang biasa dikonsumsi dan baik untuk tubuh? Apabila penasaran dengan berbagai jenisnya, berikut pembahasan lengkap JadiLaper!

Baca juga: 5 Jenis Buah Kaya Protein, Cocok untuk Menu Diet!

Jenis Madu untuk Dikonsumsi yang Patut Dicoba

Ilustrasi Jenis Madu untuk Dikonsumsi. (Sumber: Unsplash)

Karena memiliki perbedaan asal, manfaat madu bisa berbeda-beda tergantung pada jenis dan keunikannya. Adapun beberapa jenis madu yang biasa dikonsumsi oleh masyarakat, antara lain sebagai berikut:

Madu Manuka

Salah satu jenis madu yang biasa dikonsumsi adalah madu manuka. Madu satu ini berasal dari Australia dan Selandia Baru yang berwarna gelap kecoklatan dengan rasa agak manis serta sedikit pahit.

Sejak dahulu, madu manuka sudah menjadi obat herbal yang mampu mengatasi infeksi dan luka berkat sifat antibakterinya yang kuat. Umumnya, madu manuka dapat dikonsumsi langsung atau dioleskan pada kulit yang bermasalah.

Jenis Madu untuk Dikonsumsi, Madu Akasia

Madu akasia atau disebut juga sebagai madu belalang berasal dari nektar bunga Robinia pseudoacacia. Jenis madu satu ini memiliki warna cerah ata hampir transparan dengan rasa manis yang mirip seperti vanilla.

Dalam madu akasia, terdapat glukosa, fruktosa, sukrosa, dan zat gizi mikro, seperti vitamin C serta magnesium. Tak hanya itu, ada pula kandungan antioksidan, berupa flavonoid dan beta karoten yang bisa membantu tubuh melawan infeksi.

Madu Hutan

Madu hutan atau madu mentah berasal dari habitat alami lebah di hutan dan bukan peternakan. Lebah yang menjadi penghasil madu hutan berasal dari spesies Apis dorsata, yaitu lebah liar yang hidup dalam sarang-sarang alami di hutan.

Tak sama dengan madu manuka, madu hutan asli yang berkualitas baik memiliki warna cerah, Selain itu, rasanya lebih kaya dan cenderung asam tergantung tumbuhan yang menjadi asal nektar.

Apabila mengonsumsi madu hutan, kamu akan memperoleh berbagai manfaat kesehatan, seperti mampu menangkal infeksi bakteri dan jamur, menyembuhkan luka, dan meredakan sakit tenggorokan. Bahkan, madu hutan juga mendukung pertumbuhan bakteri baik dan menjaga kekebalan tubuh.

Jenis Madu untuk Dikonsumsi, Madu Semanggi

Seperti namanya, madu semanggi dibuat oleh lebah dari nektar tumbuhan semanggi. Jenis madu satu ini berwarna cerah dan rasanya lebih kaya dibandingkan madu biasa sehingga banyak orang memanfaatkannya sebagai pemanis.

Madu Hitam

Madu hitam berasal dari nektar bunga berbagai jenis tumbuh, seperti paitan, kalianda, mahoni, serta singkong karet. Keunikan dari madu jenis ini tak hanya terlihat dari warnanya, tetapi juga rasa yang lebih pahit.

Rasa pahit tersebut dikarenakan zat alkaloid dalam tumbuhan sekaligus menandakan kandungan antioksidan yang tinggi. Meski pahit, madu hitam memiliki banyak manfaat, mulai dari meredakan peradangan, menjaga kesehatan kulit, hingga membantu mengobati diabetes.

Madu Multiflora

Selanjutnya, ada madu multiflora yang berasal dari nektar beragam tumbuhan. Karena berasal dari berbagai sumber, warna dan rasa yang dimiliki madu multifloral biasanya juga akan berbeda-beda.

Jenis madu satu ini diketahui mengandung vitamin, mineral, flavonoid, serta enzim yang bermanfaat. Berkat kandungan nutrisi tersebut, madu multifloral bisa membantu meredakan radang, mengurangi tekanan darah, dan mampu mengontrol gula darah.


Itu dia beberapa jenis madu untuk dikonsumsi yang bisa kamu coba agar mendapatkan manfaatnya. Jika ingin tahu berbagai informasi mengenai makanan sehat lainnya, cek saja artikel terbaru di laman JadiLaper ya!

Baca juga: Catat, Ini 7 Manfaat Rutin Konsumsi Madu Bagi Kesehatan Tubuh

Share this post

Facebook
Twitter
WhatsApp